Perkuat Layanan Nasabah dengan Digitalisasi Contact Center Bersama Solutif

Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi contact center dan gaya hidup masyarakat pun berubah menjadi lebih digital. Hal itu membuat layanan perbankan turut berevolusi menyesuaikan dengan perubahan yang terjadi pada nasabah.
Tak hanya industri perbankan, inovasi di sektor keuangan juga mendorong munculnya para pemain digital, seperti e-commerce dan financial technology (fintech). 

Contact Center System

Apa itu Contact Center System?

Contact Center System adalah sistem berbasis komputer yang dirancang untuk mengelola dan mengarahkan panggilan telepon serta komunikasi masuk lainnya dengan volume tinggi. Sistem ini menyediakan pengalihan panggilan dan kontak ke agen yang tepat menggunakan stasiun jawaban khusus dan sistem manajemen kontak real-time yang canggih.

Sistem pusat kontak dapat berupa aplikasi perangkat lunak yang dijalankan di server tambahan atau sistem pemroses berbasis switch. Lokasinya bisa di tempat nasabah, di pihak ketiga, atau menggunakan solusi layanan terkelola, layanan terhosting, atau perangkat lunak sebagai layanan (SaaS).

Fungsi utama dari sistem ini adalah menangani kontak masuk, mendistribusikan kontak secara otomatis, dan mengelola lalu lintas kontak yang dinamis. Dengan bantuan algoritma yang canggih, sistem ini dapat mengarahkan panggilan dan komunikasi masuk ke sumber daya yang tepat. Selain itu, sistem ini juga dapat menghasilkan laporan aktivitas historis dan menyediakan kemampuan pengawasan seperti pemantauan waktu nyata, pengecekan status agen, melihat antrian kontak, dan mengubah status agen.

Dalam hal ini, Contact Center System merupakan solusi yang membantu meningkatkan efisiensi dan produktivitas operasional pusat kontak. Dengan algoritma dan fitur-fitur yang canggih, sistem ini memungkinkan pengalihan yang tepat dan pengelolaan yang efektif terhadap panggilan dan kontak masuk.

Manfaat Contact Center System untuk Banking

  • Routing ke agent yang tepat

    Panggilan masuk ke bank, tujukan ke agent dengan skill yang cocok. Digitalisasi Contact Center dapat membantu bank meningkatkan efisiensi operasional mereka. Dengan menggunakan contact center system, panggilan akan ditujukan pada agent dengan skill yang cocok dengan kebutuhan nasabah. Digitalisasi Contat Center dapat membantu bank dalam mengelola panggilan nasabah dengan lebih efisien. Hal ini dapat mengurangi waktu tunggu, meningkatkan jumlah panggilan yang dijawab, dan mengurangi biaya operasional bank.

  • Meningkatkan Kepuasan Nasabah

    Digitalisasi Contat Center dapat membantu perusahaan perbankan untuk memberikan layanan nasabah yang responsif dan berkualitas tinggi. Dengan melakukan Digitalisasi Contat Center, nasabah dapat dengan mudah menghubungi bank untuk mendapatkan solusi yang paling tepat untuk masalah mereka. Hal ini dapat meningkatkan kepuasan nasabah dan loyalitas mereka terhadap bank.

Contact Center System
  • Teknologi AI Untuk Memprediksi Peak Season Panggilan Masuk

    Digitalisasi Contat Center memungkinkan industri bank untuk melacak panggilan masuk dan keluar. Sehingga Bank dapat melihat waktu yang paling produktif dan ideal untuk mengatur  jadwal penugasan agent dan menghubungi nasabahnya. Sehingga employee perusahaan dapat lebih efektif dan efisien secara workload dan schedule. Tentunya hal ini tidak hanya dapat meningkatkan pengalaman nasabah, tetapi juga karyawan dari bank itu sendiri. 

  • Report Performance

    Dengan melakukan Digitalisasi Contact Center, bank akan disajikan report terkait performa agent dan permasalahan nasabah yang paling sering muncul. Report ini tentunya dapat membantu industri bank untuk menentukan langakah dan keputusan berikutnya, seperti: menambah atau mengurangi atau menggeser jadwal atau mengganti agent dengan skills group yang baru atau training agent baru untuk menghandle kebutuhan mayoritas maupun kebutuhan baru.

Yuk, Digitalisasi Contact Center bersama Solutif

Solutif sebagai solusi Contact Center System yang menyediakan layanan berbasis teknologi Omnichannel dan Cloud System. Layanan kami memudahkan perusahaan Anda untuk berkembang dan meningkatkan customer experience.
Berikan nasabah Anda pengalaman yang tak terlupakan dengan menggunakan teknologi pusat kontak omnichannel Solutif!

Cek artikel lainnya disini!

About Solutif

Solutif aims to be your one stop solution focused on providing professionals contact center services of talent supply or managing business process outsourcing.

Recent Posts

Sign up for our Newsletter

Scroll to Top