Sudah tahu tentang desk collection belum?
Desk Collection (Descoll) memiliki peranan yang penting bagi sebuah perusahaan, khususnya pada perusahaan perkreditan karena Descoll memiliki fungsi utama untuk mengingatkan, menginformasikan, dan menagih kewajiban nasabah melalui segala saluran yang dimiliki perusahaan.
Oleh karena itu, Descoll harus memiliki semangat untuk melakukan upaya mengingatkan tagihan yang akan dibayar. Hal terpenting yang harus diperhatikan seorang Descoll adalah cara menagih tanpa menyinggung perasaan nasabah karena ada hubungan baik yang harus dijaga. Hal ini pastinya menciptakan tantangan tersendiri bagi Descoll.
Lalu bagaimana menghadapi tantangan tersebut? Solutif punya solusinya, Mari kita simak bersama!
Sentralisasi data
Data merupakan kunci untuk proses penagihan utang yang efisien dan berpusat pada pelanggan. Semakin banyak yang anda ketahui tentang pelanggan, akan semakin efisien menjalankan otomatisasi dan meningkatkan pengalaman nasabah yang lebih personal.
Bagaimana caranya? Tentunya dengan membuat pusat informasi nasabah yang terpusat. Cara ini akan memudahkan semua staf untuk mengakses data, kolektor meninjau akun, dan mengaktifkan peringatan ketika masalah muncul.
Ketika sistem dijalankan dengan disiplin dan dipelihara dengan benar, sistem memiliki semua informasi yang dibutuhkan perusahaan terkait nasabah. Tentunya akan meminimalisir biaya dan efisien waktu. Dengan solusi cloud computing contact center dari Solutif, Anda akan memiliki sistem terintegrasi yang akan proses bisnis.
Secara Proaktif Mendukung Pelanggan
Masa Pandemi ini menuntut Anda untuk lebih peka dan peduli terhadap nasabah yang ‘renatan finansial’. Mengintegrasikan data akan memudahkan Anda untuk mendeteksi tanda bahaya dan menawarkan dukungan proaktif pada setiap permasalahan nasabah.
Opsi lain yang dapat Anda tawarkan adalah pembayaran fleksibel yang sesuai dengan nasabah. Dengan adanya pengitegrasian informasi, Anda akan lebih mudah untuk melacak preferensi pribadi dan memasukkannya ke proses pengumpulan data Anda.
Identifikasi Metode Komunikasi Terbaik – Lalu Otomatiskan
Komunikasi menjadi langkah pertama dan utama dalam menagih utang nasabah. Mulai dari komunikasi yang dijalin secara personal hingga pemilihan saluran komunikasi yang tepat bagi setiap nasabah. Anda dapat mengidentifikasi saluran komunikasi terbaik, lalu mengotomatisasikan proses sebanyak mungkin.
Misalnya, mengotomatisasikan pengingat pembayaran membuat pengumpulan lebih efisien dan membebastugaskan sumber daya manusia pada tugas yang kompleks, supaya mereka dapat berfokus pada tugas kritis yang membutuhkan kecerdasan manusia atau pengambilan keputusan.
Dengan memperkenalkan otomatisasi ke seluruh siklus komunikasi pembayaran, akan meningkatkan kemungkinan nasabah membayar tepat waktu.
Terapkan Pendekatan Pembayaran Multi-Saluran
Pendekatan multi-saluran akan memudahkan nasabah untuk membayar karena hal ini memungkinkan nasabah untuk dapat membayar langsung dari ponsel mereka tanpa harus masuk ke perangkat lain. Jika mereka harus pergi ke ATM, Bank, atau perangkat lainnya, nasabah cenderung tidak akan menindaklanjuti pembayaran tersebut.
Sesuaikan penawaran saluran komunikasi berdasarkan preferensi masing-masing nasabah. Mungkin ada yang lebih suka layanan mandiri digital, sementara yang lain akan merespon surat atau berbicara dengan penasihat untuk menyiapkan rencana pembayaran.
Sebagai All in one contact center solution, solutif memiliki teknologi omnichannel contact center yang akan membantu Anda berkomunikasi dengan nasabah secara lebih personal dan efektif.
Jadikan Setiap Opsi Pembayaran Mudah
Tidak ada gunanya jika Anda menawarkan banyak saluran tetapi masing-masing memakan waktu lebih dan rumit. Pastikan nasabah dapat mengakses metode yang mereka pilih kapan pun, di mana pun, dan bagaimana pun mereka mau seefisien mungkin.
Dengan menciptakan strategi penagihan utang yang berfokus pada kebutuhan nasabah, Anda dapat menagih utang sambil memberikan pengalaman nasabah yang lebih personal dan menyenangkan.
Cek artikel lainnya disini!