Solutif – Layanan Contact Center Rumah Sakit Terintegrasi

Layanan rumah sakit bisa dibilang layanan yang harus buka 24 jam tanpa henti bahkan ketika hari libur sekalipun. Rumah sakit dituntut untuk memberikan layanan prima, cepat, efisien dan tentunya tepat. Lalu, bagaimanakah dengan layanan contact center rumah sakit? Apakah harus siap sedia selama 24 jam 7 hari seminggu? Akan kita bahas detail di artikel bawah ini.

Contact Center Rumah Sakit

Contact center adalah layanan yang menyediakan hubungan pelanggan agar dapat berinteraksi dengan rumah sakit melalui berbagai saluran. saluran yang biasa digunakan adalah telepon, sms, email, whatsapp dan tidak terhubung dan terintegrasi.

Tapi, berbeda dengan tren contact center sekarang yaitu dengan menggunakan omnichannel yaitu dimana pelanggan dapat menghubungi perusahaan melalui berbagai saluran komunikasi termasuk sosial media dan semua sistem terintegrasi dengan teknologi terbaru dan CRM yang pada akhirnya memaksimalkan proses serta lebih efisien.

Omnichannel contact center juga memungkinkan layanan contact center menjadi cikal bakal telemedicine yang lebih handal. Dengan pemilihan teknologi, SDM, dan sistem yang tepat maka kinerja contact center rumah sakit lebih efisien.

Baca Juga: Peran artificial intelligence dalam meningkatkan loyalitas pelanggan

Lalu, apakah proses penerapan contact center akan berjalan sesuai dengan tujuan? Apa saja tantangan dan titik kritis yang akan dihadapi untuk menerapkan contact center rumah sakit? Berikut detailnya:

  1. Kewalahan dalam menangani panggilan yang bisa mencapai ratusan perhari termasuk informasi, jadwal dokter/poli, info obat dll
  2. Sumber daya manusia yang harus disiapkan terkadang bukan menjadi peluang melainkan tantangan bahkan penghalang. Hal ini terjadi karena minimnya tenaga yang skillfull terkait contact center dan sudah terlatih dalam menangani pelayanan rumah sakit. Apalagi contact center rumah sakit sangat spesifik dan memerlukan keahlian tertentu.
  3. Teknologi baru yang harus diadopsi untuk menjalankan contact center secara profesional dan tersistem. Teknologi yang mampu menghubungkan data EHR (Electronic Health Records), software-software terkait yang berhubungan dengan layanan yang disediakan rumah sakit. Teknologi ini mampu menjembatani semua kebutuhan rumah sakit dalam satu pintu.
  4. Layanan yang diharapkan terkadang meleset dari target apalagi jika rumah sakit tidak didukung oleh SDM, teknologi dan jam terbang pengalaman. Pemilihan SDM contact center menjadi hal krusial karena harus memiliki skill yang berhubungan dengan layanan rumah sakit. Apalagi jika ada panggilan atau interaksi dengan pasien yang sedang mengalami gawat darurat dan memerlukan penangan yang cepat serta tepat. Maka dapat dipastikan memilih SDM adalah hal yang sangat penting.
  5. Menyiapkan controlling agar sistem dan SDM berjalan sesuai dengan sasaran. Hal ini akan sangat riskan apabila tidak ditangani oleh tim ahli yang mengerti tentang KPI contact center rumah sakit
  6. Dan yang paling penting adalah bagaimana contact center yang kita bangun sesuai regulasi dan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia baik untuk keamanan data maupun peraturan terkait.

Solutif, Solusi Terintegrasi

Setelah melihat titik kritis dan tantangan yang timbul maka dapat dipastikan bahwa rumah sakit sudah saatnya memilih layanan yang menyediakan jasa outsourcing contact center ini dapat diterapakn pada rumah sakit yang sudah memiliki sistem, teknologi dan SDM yang terlatih. Sehingga ketika memilih partner yang tepat maka pihak rumah sakit dapat meminimalisir terjadinya kesalahan baik dari faktor manusia maupun dari sisi lainnya.

Salah satu penyedia jasa layanan contact center untuk layanan kesehatan dan rumah sakit yang profesional dan berpengalaman bersama PT Solusi Tiga Selaras (Solutif.co.id). Dengan Solutif maka contact center Anda akan didukung oleh teknologi terbaru, tenaga ahli berpengalaman dan tentunya mengoptimalkan kinerja contact center rumah sakit menjadi lebih powerfull dan tepat sasaran.

Solutif didukung teknologi Genesys dan CRM Sales Force yang memungkinkan rumah sakit memiliki contact center yang terintegrasi dan tersistem dengan baik. Apalagi Solutif sudah memiliki pengalaman dan jam terbang tinggi dalam menangani contact center dan berbagai tantangan yang dihadapi. Dengan dukungan Solutif, rumah sakit akan lebih optimal untuk melayani pasien dan tentunya memangkas antrian pasien, mengefisienkan proses pendaftaran, konsultasi dll.

Saatnya memilih Solutif sebagai partner contact center rumah sakit Anda. Untuk informasi lebih lanjut hubungi tim Solutif di (021) 5021 1001 atau marketing@Solutif.co.id

 

About Solutif

Solutif aims to be your one stop solution focused on providing professionals contact center services of talent supply or managing business process outsourcing.

Recent Posts

Sign up for our Newsletter

Scroll to Top