Email Marketing, Solusi Bisnis Retail Pada Masa Pandemi

Dampak Covid-19 bagi bisnis retail

Pandemi Covid-19  memberikan dampak yang luar biasa bagi berbagai sektor kehidupan, salah satunya adalah industri retail yang sangat ditopang dengan penjualan offline. Terjadi banyak perubahan gaya hidup yang menuntut industri retail untuk segera beradaptasi ke teknologi digital. Bukan hanya sekadar masuk pada e-commerce, tetapi bagaimana Anda menyusun dan menerapkan startegi pemasaran digital yang efisien dan efektif bagi bisnis Anda. 

Menurut Direct Marketing Association, terdapat strategi marketing yang bisa membuat Anda balik modal promosi hingga 3.800 kali lipat. Apakah Anda tahu startegi tersebut? Yap. Strategi email marketing adalah solusi bagi industri retail Anda.

Berdasarkan data pada grafik disamping, Email marketing dapat membantu Anda untuk menjalin hubungan personal yang lebih baik dengan pelanggan, terhubung dalam berbagai channel yang terintegrasi, dan masih banyak lagi. 

Lalu menurut McKinsey and Company, email marekting bekerja 40x lebih efektif daripada strategi promosi melalui facebook dan twitter karena email bersifat lebih personal dan membuat Anda lebih dekat dengan pelangan. 

Mengapa demikian?

Karena email tidak terpengaruh pada perubahan algoritma seperti google atau channel sosial media lainnya, jadi Anda dapat lebih efektif berpromosi. Selain itu, email marekting juga memiliki kelebihan yang dapat menajdi solusi mengembangkan atau memulihkan industri retail Anda di masa Pandemi ini, yaitu; Biaya kecil dengan hasil yang maksimal, lebih efektif dibandingkan media lainnya, jangkauan luas diberbagai wilayah dan perangkat komunikasi.

Namun, seiring berkembangnya suatu bisnis dan ekspansi, pasti diiringi juga dengan beban pekerjaan yang meningkat. Agen akan berfokus pada pekerjaan krusial dan prioritas, sehingga tidak memiliki waktu untuk melatih tim baru untuk menangani beban tersebut. Di sinilah CallON by Solutif hadir dengan layanan BPO services yang dapat memberikan perusahaan asuransi Anda peningkatan produktivitas kerja, manajemen sumber daya, efisiensi biaya, dan waktu partisipasi yang ditargetkan. 

Strategi memaksimalkan Email Marketing pada Industri Retail :

  • Pilih Tools Email Marketing

    Dalam menjalankan startego email marekting, Anda akan mengirimkan ribuan email. Sehingga Anda perlu mencari tools email marketing yang tepat; sesuai dengan fitur dan anggaran yang Anda miliki, terintegrasi ke berbagai aplikasi dan tools, dan memiliki pilihan optimasi email.

  • Menyusun Email List

    Kumpulkan alamat email calon pelanggan Anda dengan cara memberikan voucher diskon, giveaway, mengajak subscribe web, menyediakan form email di chat bot, dan lain lain. Konten ini akan menarik perhatian calon konsumen memberikan email mereka dan memudahkan Anda menjalankan strategi email marekting.

  • Membuat Segmentasi

    Ketika Anda sudah mendapatkan email calon pelanggan, sebaiknya Anda mengelompokkannya berdasarkan kategori. Tujuannya agar email yang dikirimkan terasa lebih personal dan cocok dengan kebutuhan konsumen. Ketika email dirasa lebih personal, peluang calon konsumen untuk membuka email tentunya akan lebih besar. Email dapat dikelompokkan berdasarkan tipe konsumen, minat, kebutuhan, lokasi, dan engagement ke email.

  • Ciptakan Konten Email yang Menarik

    Untuk menciptakan email yang menarik, sebaiknya Anda memperhatikan; isi email yang responsif dan fleksibel supaya dapat dibuka pada perangkat appaun tanpa merusak designnya, buatlah subyek yang mengundang rasa penasaran calon konsumen untuk mmebukanya, sampaikan tujuan email dengan jelas, tambahkan gambar agar tidak membosankan, beri tomobol call-to-action (CTA) supaya calon konsumen mengetahui aksi apa yang harus mereka lakukan. Dengan memperhatikan beberapa hal tersebut, Anda dapat bebas berkreasi dalam menyusun materi promosi melalui email.

  • Pelihara Komunikasi Dengan Konsumen

    Hubungan dengan konsumen dapat dipelihara dengan membuat konten yang sesuai dengan kebutuhan konsumen Anda. Hindari membuat konten yang monoton, sebab dapat membuat konsumen bosan dan unsubscribe. Anda dapat membuat konten seperti; promosi musiman, berita produk/layanan baru, dan ucapan ulang tahun yang disertai diskon khusus.

  • Evaluasi

    Email marketing menyediakan fitur fitur yang dapat membantu Anda untuk menganalisis strategi yang sebelumnya Anda lakukan. Fitur-fitur tersebut berupa open rate, bounce rate, click throught rate, dan unsubsribe rate. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui apa yang harus diperbaiki dan strategi email marketing yang tepat bagi masa depan bisnis retail Anda.

Email marketing memang masih menjadi media primadona yang dianjurkan untuk mempromosikan produk retail.  Dengan mendistribusikan email berdasarkan analisis konten dan kata kunci, jadikan email marketing sebagai strategi Anda mengembangkan bisnis retail.

Email Marketing dari Solutif mengefisiensikan tugas Anda dan memungkinkan Anda untuk memantau, mengukur, dan mengoptimalkan menyebaran email  ke lebih banyak target konsumen. Tingkatkan layanan, raih loyalitas pelanggan, dan dapatkan keuntungan besar dengan teknologi email marketing dari Solutif.

About Solutif

Solutif aims to be your one stop solution focused on providing professionals contact center services of talent supply or managing business process outsourcing.

Recent Posts

Sign up for our Newsletter

Scroll to Top