Pentingnya omnichannel contact center pada perusahaan ritel

Mengembangkan bisnis ritel tidaklah mudah tetapi juga dapat dilakukan dengan cara yang tepat. Tapi, tantangan akan timbul jika Anda mulai tumbuh dan berkembang dan layanan mulai merambah ke berbagai daerah.

Artikel kali ini kita akan membahas tentang pentingnya penerapan omnichannel contact center pada perusahaan ritel dan dampaknya di masa depan?

Omnichannel Contact Center

 

Omnichannel contact center adalah sebuah terobosan dimana pelanggan dapat berkomunikasi dengan perusahaan melalui berbagai saluran seperti: chat, sms, email, telepon bahkan sosial media. Pada teknisnya, omnichannel contact center memudahkan konsumen menghubungi perusahaan menggunakan saluran yang biasa mereka pakai tanpa harus switch atau berganti metode. Hal ini akan berdampak dari segi kemudahan, psikologis serta kenyamanan pelanggan karena menggunakan saluran yang biasa dipakai.

Baca Juga: Customer experience yang baik dimulai dari karyawan Anda

Contact center pada umumnya hadir karena perusahaan Anda sudah bertumbuh dan memerlukan layanan informasi, after sales dll. Contact center hadir sebagai harapan untuk meningkatkan loyalitas, selling bahkan branding. Tapi, jika kita masih menggunakan teknologi yang belum up to date maka yang terjadi adalah terjadinya kekacauan dalam pengelolaan contact center apalagi saat promo spesial, atau ketika terjadi layanan komplain berjamaah. Belum cukup itu, dan kesemuanya menghubungi contact center dalam satu waktu sehingga resiko terjadinya bounce semakin tinggi.

Pentingnya Omnichannel Contact Center pada Ritel

  1. Kepuasan pelanggan meningkat, dengan menerapkan metode omnichannel contact center maka pelanggan akan terhubung dan langsung ditangani oleh agen dan dibantu oleh voicebot dan chatbot untuk menangani pertanyaan yang bersifat umum
  2. Layanan yang konsisten, karena omnichannel contact center sudah tersistem, data yang ditampilkan dan hasil kerja
  3. Loyalitas pelanggan meningkat karena proses lebih efisien apalagi agen sudah mempunyai data pelanggan
  4. Efisiensi di bagian operasional. Efisiensi ini akan terjadi karena otomatis
  5. Data yang disajikan lebih tertata dan mudah dianalisa
  6. Mudah untuk melakukan inovasi seperti mengintegrasikan pengalaman belanja online dan juga offline dalam satu kemudahan.

Tantangan-tantangan yang akan dihadapi ketika menerapkan omnichannel contact center?

Jika kita berbicara tentang tantangan ketika kita melakukan adaptasi teknologi maka akan muncul dari berbagai bidang. Dan berikut detailnya:

  1. Proses integrasi sistem antara yang lama dengan solusi teknologi yang dibawa. Proses ini akan memerlukan waktu dan tentunya tenaga khusus untuk melakukan sinkronisasi antar dua teknologi yang berbeda
  2. Kesulitan dalam mengatur data pelanggan. Apalagi di industri ritel yang memiliki database banyak dan item-item produk yang jumlahnya ribuan dan memerlukan sistem khusus untuk mengatur semuanya. Belum lagi data dari berbagai saluran informasi yang berbeda format antara satu dengan yang lainnya. Misal data antara chat dan telepon akan berbeda dengan email. Dan disinilah diperlukan sinkronisasi data sehingga mudah untuk direkam dan dianalisa oleh agen contact center
  3. Waktu yang dibutuhkan untuk alihdaya teknologi sehingga teknologi yang baru dapat berjalan sedangkan source belum memadai baik dari SDM, data, teknologi yang diterapkan dll. Semakin lama proses alih daya maka akan semakin banyak biaya yang timbul dari proses ini. Dan disinilah pentingnya memilih layanan omnichannel contact center yang sudah berpengalaman yaitu Solutif.

Kenapa Solutif?

 

Solutif dibawah naungan PT Solusi Tiga Selaras memiliki fokus untuk membawa perubahan pada dunia contact center agar lebih humanis, customer experience dan tentunya membantu perusahaan untuk meningkatkan performanya.

Solutif melalui omncihannel contact center siap untuk menyederhanakan sistem dan proses bisnis yang panjang menjadi lebih efisien baik dari segi budgeting, SDM yang terserap bahkan waktu yang diperlukan.

Dengan pengalaman menangani berbagai industri baik perbankan, ritel, kesehatan, pendidikan maka bisa dikatakan Solutif selalu terdepan dalam hal layanan, fleksibilitas dan tentunya goal yang ingin dicapai.

Berikut adalah kelebihan-kelebihan Solutif sebagai partner omnichannel contact center perusahaan ritel:

  • Teknologi yang up to date. Dengan mengusung teknologi genesys serta dukungan salesforce maka bisa dikatakan Solutif siap melayani kebutuhan perusahaan-perusahaan dengan volume data yang banyak
  • Agen yang sudah berpengalaman dalam menangani pertanyaan, informasi, promo bahkan komplain dari pelanggan. Apalagi agen sudah dibekali dengan dashboard yang dapat membaca database pelanggan. Agen dengan mudah mengambil langkah-langkah terbaik untuk setiap permasalahan dan kesemuanya tetap dibawah SOP perusahaan.
  • Fleksibel baik dalam ruang lingkup layanan dan budget yang harus klien keluarkan. Anda hanya akan membayar atas layanan yang digunakan. Dan juga dari segi skalabilitas, Solutif mampu menyesuaikan kebutuhan Anda sesuai dengan perkembangan perusahaan.

Menarik kan? Untuk info detail hubungi tim ahlis Solutif di (021) 5021 1001 atau via email di marketing@Solutif.co.id . Pastikan Anda memilih Solutif sebagai partner bisnis ritel. Terus berkembang dengan sistem yang kuat dan mapan.

Cek artikel lainnya disini!

Kurangi Waktu Tunggu Panggilan dengan Omnichannel Contact Center
dampak integrasi crm dan contact center
Peran Cloud Computing untuk Omnichannel Contact Center
trend contact center 2025

About Solutif

Solutif aims to be your one stop solution focused on providing professionals contact center services of talent supply or managing business process outsourcing.

Recent Posts

Sign up for our Newsletter

Scroll to Top