Optimasi Contact Center untuk Selling dan Branding

Ketika bisnis Anda bertumbuh, ekspansi dan mulai melakukan branding secara masif untuk menanamkan merek di hati pelanggan maka sudah saatnya Anda untuk mengoptimalkan contact center sebagai bagian dari langkah selling dan branding.

Mengoptimalkan contact center seperti mengoptimalkan SPG untuk produk/layanan Anda. SPG atau Sales Promotion Girl ada mereka yang memiliki tugas untuk mempromosikan produk/layanan/jasa untuk meningkatkan penjualan dan loyalitas pelanggan. Seperti SPG, contact center pada ujungnya memiliki fungsi tapi dengan metode yang berbeda yaitu melalui layanan daring baik dari agen contact center ke pelanggan atau sebaliknya.

Selling dan Branding

Optimasi contact center berarti mengoptimasi ranah selling serta branding. Tentunya hal ini diikuti oleh strategi yang matang seperti:

  • Agen contact center harus proaktif dan mengerti behavior pelanggan. Hal ini dapat kita maksimalkan dengan melakukan omnichannel contact center. Agen dapat memberikan rekomendasi dan solusi atas kebutuhan pelanggan berdasarkan riwayat pembelian, kecenderungan bahkan pada pola pembayaran transaksi. Kesemuanya dapat dilihat di dashboard agen.
  • Meminta feedback dari pelanggan atas layanan yang agen berikan. Hal ini sebagai bahan evaluasi dan menentukan sejauh mana layanan kita berdampak pada kebutuhan pelanggan.
  • Melakukan cross dan up selling. Setelah pelanggan mendapatkan solusi atas kebutuhannya, agen dapat melakukan dua langkah diatas untuk menaikkan penjualan tanpa harus memaksakan pelanggan tanpa mereka diedukasi terlebih dahulu. Perilaku pelanggan dapat kita ketahui dari riwayat transaksi.
  • Membangun brand awareness melalui sosial media. Dan ini dapat dilakukan dengan mengoptimalkan omnichannel contact center. Pelanggan akan merasa terbantu karena meski mereka chat atau menyampaikan keluhan via sosial media sekalipun, pihak agen contact center dapat membantu dan menangani keluhan mereka melalui open ticket aduan.
  • Pemantauan kinerja agen dan sosial media. Hal ini dapat dilihat dari dashboard agen yang sudah terhubung dengan teknologi omnichannel contact center.

Dan jika Anda ingin mengoptimalkan contact center untuk menaikkan selling dan branding dapat menggunakan layanan Solutif.

Baca Juga: Solusi telesales terintegrasi dan efisien untuk pertumbuhan bisnis

Omnichannel Contact Center bersama Solutif

Solutif dibawah naungan PT Solusi Tiga Selaras memiliki pengalaman dan keahlian dalam menangani omnichannel contact center untuk berbagai industri sehingga tidak menutup kemungkinan untuk mengoptimalkan bisnis Anda. Berikut adalah kelebihan Solutif yang patut dipertimbangkan:

  • Didukung teknologi genesys yang memang memiliki spesialisasi pada omnichannel contact center
  • Terhubung dengan CRM seperti Salesforce sehingga penyajian dan pengolahan data lebih tertata dan tersistem. Agen memiliki riwayat panggilan, pembelian, preferensi transaksi. Dengan data-data yang sudah tersaji, agen dapat melakukan langkah-langkah tepat sesuai SOP baik untuk pertanyaan bahkan untuk mengarahkan terjadinya selling.
  • Penggunaan AI (Artificial Intelligence) dan bot untuk mendukung omnichannel contact center melalui chatbot atau voicebot. Chatbot dan voicebot mengambil peranan penting untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang bersifat general. Sedangkan pertanyaan-pertanyaan bersifat khusus akan ditangani langsung oleh agen. Dengan begitu, maka beban agen makin ringan karena fokus pada solusi untuk kasus-kasus tertentu.
  • Agen sudah terlatih dengan teknologi Solutif CX yang terbaru sehingga mampu beradaptasi dengan baik.
  • Dukungan tim ahli untuk membantu Anda transfer knowledge, maintenance ataupun mengoptimalkan kinerja agen.

Untuk diskusi dan informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi tim Solutif di (021) 5021 1001 atau via email Marketing@Solutif.co.id.

Mengoptimalkan contact center untuk strategi selling dan branding adalah langkah tepat yang ditempuh oleh setiap perusahaan. Sudah saatnya menggunakan semua lini untuk mencapai visi dan misi perusahaan dimasa depan. Percayakan Solutif sebagai partner bisnis Anda.

Cek artikel lainnya disini!

Peran Chatbot dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan di Industri Keuangan
perusahaan alihdaya contact center dengan genesys cloud
Membangun Tim Contact Center yang Efektif untuk Industri Keuangan
Meningkatkan Pengalaman Pelanggan melalui Inovasi di Contact Center

Sign up for our Newsletter

Scroll to Top