Kinerja desk collection bisa dibilang memberikan andil dalam cash flow perusahaan. Bagaimanapun perputaran uang wajib dijaga dalam sebuah bisnis apalagi mereka yang berada di industri keuangan. Apa dan bagaimana cara kerja desk collection agar cash flow optimal? Akan kita bahas detail dibawah ini.
Desk Collection & Cash Flow Perusahaan
Desk collection adalah pekerjaan yang bertanggung jawab untuk mengingatkan piutang yang dilakukan oleh perusahaan agar pelanggan melakukan pembayaran secara tepat waktu. Desk collection bekerja sesuai data yang masuk di perusahaan dan penanganannya sesuai peraturan dan sistem di perusahaan.
Baca Juga: Dampak integrasi CRM dan contact center pada perusahaan
Lalu bagaimana caranya agar desk collection berjalan optimal ?
Untuk mendapatkan tim desk collection yang optimal, kita harus memastikan beberapa hal dibawah ini berjalan dengan baik sesuai target perusahaan. Berikut adalah 6 hal yang dapat dioptimalkan oleh desk collection:
- Melakukan segmentasi pelanggan. Sebelum data diberikan ke bagian desk collection maka data harus dipilah sesuai dengan segmentasi baik dari profil pelanggan sampai jumlah tagihan tertunggak.
- Melakukan monitoring kepada pelanggan untuk tagihan yang belum dibayar
- Komunikasi efektif. Hal ini dapat memperlancar proses penagihan, transparansi saat proses termasuk konsekuensi ketika melakukan keterlambatan pembayaran
- Melakukan training secara berkala. Tim yang kompeten adalah kunci kinerja optimal serta efisien. Melakukan training berkala akan mengupdate kemampuan tim untuk terus menyesuaikan diri, memahami dan lebih efisien dalam bekerja. Jika ada kendala yang ditemui di lapangan, maka tim dapat mengambil keputusan tepat
- Melakukan evaluasi kinerja baik saat proses penagihan, maupun pendataan penunggakan, dan analisa strategi yang digunakan. Dengan melakukan evaluasi berkala maka Anda dapat mengetahui seberapa efisien kinerja desk collection
- Menerapkan teknologi terbaru melalui Artificial Intelligence (AI) dalam hal predictive analytics dan chatbot collector.
Khusus untuk pembahasan di point nomor 6 terkait penggunaan AI untuk desk collection akan merombak langkah kerja dan efisiensi desk collection secara besar-besaran. Dan berikut hal detailnya terkait penggunaan AI untuk desk collection:
- Penggunaan AI untuk desk collection akan menghasilkan predictive analytics dengan bantuan machine learning. Dari data yang masuk akan diolah berdasarkan klasifikasi resiko seperti riwayat kredit, resiko macet, lamanya tunggakan, dan semua aktifitas transaksi dari setiap pelanggan.
- Setelah menghasilkan data analisa predictive analytics maka selanjutnya AI akan merekomendasikan prioritas penagihan mulai dari pelanggan yang mempunyai peluang untuk melakukan pelunasan.
- Integrasi saluran komunikasi baik melalui email, chat whatsapp, SMS berdasarkan urutan di atas. Bahkan AI mampu menangani chat masuk dalam jumlah banyak terkait pertanyaan-pertanyaan general seperti sisa saldo, sisa tunggakan, jatuh tempo dan termasuk metode pembayaran. Hal-hal yang dilakukan oleh desk collection secara konvensional dapat dilakukan oleh AI dengan cepat dan tepat.
Tentunya, langkah-langkah diatas dapat terjadi jika Anda menggunakan layanan desk collection dari perusahaan alihdaya yang berpengalaman dan memiliki teknologi pendukung. Salah satu brand yang menyediakan layanan tersebut adalah Solutif.
Solutif selain menghadirkan layanan contact center yang terupdate juga menghadirkan layanan desk collection yang mengusung teknologi terbaru. Dengan integrasi CRM dan AI maka Solutif mampu memberikan solusi dan efisiensi untuk bagian penagihan perusahaan Anda dan memperlancar arus kas dan meminimalisir tunggakan yang susah terbayar.
Optimalkan cash flow perusahaan Anda bersama Solutif.co.id dengan desk collection yang tepat. Pilih Solutif sebagai solusi kebutuhan outsourcing desk collection perusahaan Anda. Untuk info kerjasama dan diskusi hubungi (021) 5021 1001 atau marketing@Solutif.co.id