Cara Meningkatkan Keamanan Data Perusahaan melalui RPA – Melindungi data perusahaan dari akses yang tidak sah dan kebocoran informasi adalah tantangan yang memerlukan pendekatan yang efektif, sehingga menjaga keamanan data adalah hal yang sangat penting bagi setiap perusahaan. Karena ancaman siber dan serangan data terus meningkat, memastikan keamanan informasi menjadi fokus utama.
Robotic Process Automation (RPA) dapat menjadi elemen kunci dalam meningkatkan keamanan data perusahaan, dan akan memberikan gambaran umum tentang cara untuk meningkatkan keamanan data secara keseluruhan, sebelum menggali lebih dalam tentang peran khusus RPA.
Source: Genesys.com
Bagaimana Cara Meningkatkan Pengalaman Pelanggan Perusahaan
Data yang dimiliki perusahaan sering mencakup informasi yang sangat sensitif, seperti data pribadi karyawan, rincian keuangan, dan rahasia dagang. Jika data ini bocor, konsekuensinya bisa merugikan perusahaan, baik dari segi keuangan maupun reputasi. Oleh karena itu, mengamankan data perusahaan berawal dari pemahaman yang kuat tentang apa itu data dan alasan mengapa keamanan data sangat penting.
- Segmentasi pelanggan: Siapa pelanggan? Apa karakteristik dan preferensi pelanggan? Bagaimana perusahaan dapat memperoleh wawasan tambahan tentang pelanggan?
- Pelanggan prioritas dan bernilai tinggi: Apakah perusahaan membedakan segmen pelanggan tertentu, baik karena mereka membayar atau telah mendapatkan layanan berbeda, atau karena mereka lebih bernilai bagi organisasi? Apakah ada cara untuk meningkatkan layanan yang diberikan kepada pelanggan bernilai tinggi?
- Alasan kontak: Mengapa pelanggan menghubungi organisasi dan pusat kontak? Apakah pelanggan menghasilkan pendapatan (panggilan pemesanan) atau membebani organisasi (keluhan)? Bagaimana perusahaan dapat menghilangkan kontak yang tidak menghasilkan pendapatan, meningkatkan kepuasan pelanggan, atau mencapai tujuan strategis lainnya?
- Saluran kontak: Apa saja saluran kontak saat ini? Apakah saluran ini sesuai dengan preferensi pelanggan? Saluran apa yang sedang dipertimbangkan di masa depan, termasuk layanan mandiri? Apakah perusahaan menambahkan saluran yang akan meningkatkan efisiensi, memudahkan pelanggan berbisnis dengan perusahaan, dan sesuai dengan apa yang diinginkan dan digunakan pelanggan?
- Jam operasional: Jam berapa pelanggan dapat menerima layanan? Apakah kerangka waktu ini mendukung preferensi pelanggan dan nilai kontak pelanggan?
- Pengukuran dan tujuan pengalaman pelanggan: Bagaimana perusahaan mengukur keberhasilan strategi pengalaman pelanggan? Pengukuran apa yang paling mencerminkan pengalaman pelanggan (kepuasan pelanggan, usaha pelanggan, panggilan ulang) dan tujuan yang tepat untuk bisnis kita?
- Intelijen bisnis dan pelanggan: Wawasan apa yang dapat dikumpulkan oleh pusat kontak dan diukur dalam proses kontak harian yang berarti bagi unit bisnis lain dalam organisasi?
Baca Juga: 8 Layanan Omnichannel Solutif
Siap Digitalisasi Pengalaman Pelanggan Anda?
Peran Omnichannel Contact Center meningkatkan Pengalaman Pelanggan
Konsep omnichannel menggabungkan komunikasi dari berbagai arah, baik yang masuk maupun yang keluar, untuk memberikan interaksi yang proaktif dan sesuai konteks dengan pelanggan, sehingga mereka merasa mendapatkan pengalaman yang mudah dan lancar. Dengan pendekatan ini, bisnis dapat menciptakan hubungan yang mulus dan disesuaikan di seluruh saluran selama perjalanan pelanggan. Ini semua adalah bagian dari pendekatan Genesys dalam mengelola keterlibatan pelanggan secara omnichannel.
Mengatur Interaksi Omnichannel
Mempermudah operasi dan memastikan pelanggan dapat menghubungi agen yang tepat pada kali pertama mereka mencoba. Dengan pusat kontak omnichannel Genesys, sistem akan mengumpulkan informasi penting untuk memahami tujuan pelanggan dan kemudian menghubungkan mereka dengan agen terbaik yang tersedia.
Menghubungkan Prospek dan Pembelian
Satu platform pusat kontak yang fleksibel dan terintegrasi dapat menghubungkan kesenjangan dalam sistem dan menciptakan pengalaman omnichannel yang lancar. Dengan platform ini, Anda dapat mendukung berbagai saluran dan mengelola pengalaman pelanggan di seluruh perusahaan. Platform ini juga memungkinkan pengelolaan perjalanan pelanggan yang komprehensif melalui berbagai departemen seperti pemasaran, penjualan, layanan, dan dukungan. Anda dapat merancang, mengelola, dan mengoptimalkan perjalanan ini seiring waktu untuk membantu pelanggan mencapai tujuan mereka.
Melayani Pelanggan Digital Sesuai Kebutuhan Mereka
Dengan menyesuaikan pendekatan dengan harapan pelanggan, Anda dapat meningkatkan efisiensi dan terhubung lebih mudah dengan berbagai perusahaan, proses, dan perangkat. Ini menciptakan kesempatan baru dan cara baru untuk mengelola hubungan pelanggan digital dan mengoptimalkan perjalanan pelanggan dari awal hingga akhir.
Genesys menawarkan kemampuan omnichannel yang mengintegrasikan komunikasi suara dan digital secara seamless. Dengan mengandalkan suara sebagai opsi cadangan untuk konsumen digital, tim Anda dapat berfokus pada pertanyaan yang lebih kompleks dan memberikan layanan yang lebih baik.
Siap Digitalisasi Pengalaman Pelanggan Anda?
Terapkan Sekarang: Solusi Omnichannel CX dari Solutif!
Komunikasi proaktif melalui saluran pilihan nasabah adalah kunci untuk kepuasan nasabah yang tinggi. Dengan solusi Omnichannel CX (Customer Experience) dari Solutif, perusahaan dapat:
- Meningkatkan pendapatan atau penjualan
- Menyediakan self service
- Mengurangi beban layanan inbound
- Terhubung dengan agen layanan nasabah
- Memaksimalkan efisiensi contact center
Jadilah yang terdepan dalam personalisasi interaksi nasabah dan unggul dalam persaingan dengan Solutif!
Cek artikel lainnya disini!
Yuk, Konsultasikan Bisnismu untuk Penerapan Omnichannel CX!!
![Solutif](https://www.solutif.co.id/storage/2023/11/Solutif-1-e1700221442465-1024x452.png)
![Solutif](https://www.solutif.co.id/storage/2023/11/Solutif-1-e1700221442465-1024x452.png)