Ubah Customer Kecewa dengan CX Solution dari Solutif

Ketika berbicara tentang bisnis, tentunya kita bicara mengenai komunikasi dua arah antara merek dan customer. Customer memegang kunci penting untuk keberlangsungan hidup suatu perusahaan. Maka penting bagi suatu perusahaan untuk menjaga hubungannya dengan pelanggannya.


Customer yang kecewa dapat menjadi sebuah bencana bagi sebuah perusahaan. Apalagi pada zaman keterbukaan informasi ini semua orang dapat menyebarkan informasi ke lebih banyak orang di media sosialnya. Tentunya hal ini dapat berdampak buruk bagi merek Anda. Dalam hal ini, customer service merupakan garda terdepan yang bisa mendapatkan kepercayaan dan loyalitas pelanggan.

Berikut adalah strategi penanganan customer kecewa ala Solutif:

Jadilah pendengar yang setia


Ketika customer mengalami situasi buruk, dengarkanlah setiap keluh kesah yang dialaminya. Tampung semua keluhan dan jangan berusaha untuk menyanggah. Setelah customer selesai, usulkanlah solusi terbaik. Dengan cara ini, customer akan merasa dihargai.

Solusi tepat dan cepat


Jangan membuat customer menunggu solusi terlalu lama. Oleh sebab itu, penting bagi customer service untuk memiliki kecekatan berpikir dan kemampuan leadership sehingga dapat langsung menghubungi pihak internal yang dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang dialami customer. Misalnya terdapat customer yang kecewa terhadap miss-informasi yang terdapat pada media sosial, maka seorang customer service dapat langsung menghubungi divisi social media marketing untuk mengonfirmasi kekeliruan tersebut.

Pahami media sosial

Seorang customer service juga dapat menjaga citra merek melalui media sosial. Sifat media sosial yang autonomy memungkinakn customer untuk menyebarkan segala informasi, termasuk rasa kepuasan dan kekecewaannya terhadap merek. Jika seorang customer service memiliki kemampuan untuk mendekati customernya di media sosial, maka customer akan berpikir ulang untuk memposting kekecewaannya di media sosial. Sekali saja ada berita negatif di media sosial, itu dapat membawa dampak yang panjang bagi perusahaan Anda. Maka penting bagi customer service untuk menguasai media sosial.

Miliki Aplikasi Bisnis yang Mendukung Seluruh Kegiatan Bisnis


Seseorang memilki keterbatasan memori dalam mengingat semua masalah, maka perusahaan Anda membutuhkan teknologi yang dapat merekam dan mengingat seluruh keluh kesah dan jejak customer, misalnya dengan inbound dan outbound contact centre serta chat dan voice bot.

CX Solution dari solutif akan membantu Anda menjaga pengalaman menyenangkan pelanggan, menjalankan proses bisnis dan akan membawa keuntungan bagi perusahaan Anda dan citra merek Anda. Solusi kami dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda sehingga kami menawarkan solusi yang fleksibel, lebih cepat, dan efisien. Ciptakan pengalaman pelanggan yang lebih baik bersama Solutif dan Anda bisa berfokus kepada pekerjaan lainnya yang lebih krusial. Untuk menggunakan layanan kami, Anda dapat mengisi formulir ini!