Sukseskan Implementasi Chatbot Industri Perbankan Bersama Solutif

Memiliki fitur live chat di aplikasi bisnis atau website merupakan cara yang efektif untuk membangun komunikasi dengan nasabah. Tetapi, bagaimana jika Anda berhadapan dengan situasi seperti mendapatkan banyak permintaan dan pertanyaan dalam waktu yang bersamaan?

Perkembangan teknologi bot kini telah memengaruhi ambisi industri perbankan untuk memenuhi permintaan nasabah yang semakin menuntut kecepatan dan kemudahan bertransaksi. Chatbot adalah program komputer berbasis Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan yang dapat menstimulasikan percakapan layaknya manusia. Chatbot juga dikenal sebagai asisten digital yang dapat memahami dan memproses permintaan penggunanya, serta memberikan jawaban yang cepat dan tepat. Teknologi Chatbot dari Solutif memungkinkan nasabah melayani diri sendiri dengan permintaan dan pertanyaan yang umumnya ditanyakan, sehingga sumber daya manusia yang dimiliki perusahaan berfokus pada tugas yang lebih krusial.

“Tantangan dalam layanan keuangan adalah bahwa ini adalah domain yang sangat kaya dan kompleks, terdiri dari banyak lini bisnis dan berbagai produk yang berbeda,”

Jake Tyler

Mari kita bedah tantangan tersebut!


Tugas yang dimiliki industri perbankan sangatlah kompleks, mulai dari perbankan ritel, rekening giro, layanan kartu, hipotek, manajemen kekayaan, dan sebagainya. Ditambah lagi jika Bank telah memiliki skala bisnis yang lebih besar, tentunya akan melayani nasabahnya dari berbagai wilayah geografis dan bahasa khusus perbankan yang tidak universal. Semakin banyak cakupan bisnis yang Anda miliki, semakin banyak konteks dan pengertian yang dibutuhkan pada chatbot.


Tentunya yang Anda butuhkan adalah penyetelan bot yang tepat, jaminan kualitas, dan pengujian kegunaan agar menghasilkan pengalaman nasabah yang menyenangkan. Solutif mendukung ratusan konteks dalam domain perbankan ritel dan setiap maksud kami latih dengan rata-rata 2.000 bahasa alami manusia.

Kemudahan lain yang ditawarkan oleh Chatbot adalah kemampuannya untuk mengidentifikasi bahwa pelanggan ingin memindahkan sejumlah uang tertentu dan semua detail seputar transfer ini memenuhi tantangan pengenalan niat dan pengisian slot. Teknologi chatbot dari Solutif mampu mengintegrasikan sistem backend FSI dengan mematuhi kepatuhan keamanan dan protokol komunikasi.

Menjaga data dan privasi nasabah di suatu website/aplikasi bisnis tentunya menjadi tantangan utama untuk industri perbankan. Bersama Solutif, Anda akan diarahkan untuk membagi data menjadi dua; yang memerlukan identifikasi dan verifikasi (ID/V) dan yang tidak. Kemudian mengkategorikan jenis informasi yang akan mengisi slot atau yang akan dikirimkan bot. Tentukan apa yang diperlukan (dari perspektif kepatuhan PCI dan peraturan privasi data). Terakhir, mengidentifikasi semua sistem yang akan dimanfaatkan untuk pemenuhan maksud dan mengkategorikan masing-masing dari perspektif keamanan/risiko.

Selanjutnya, bersama Solutif, Industri perbankan akan memiliki model tata kelola risiko dengan proses formal dan kontrol gerbang yang ketat. Anda bertanggung jawab untuk menavigasi proses ini serta menyediakan semua informasi yang diperlukan untuk tim tata kelola risiko model. Informasi ini dapat mencakup proses penyetelan, pengujian dan QA, informasi sumber data dan proses pembersihan data, serta proses terperinci tentang cara Anda menghilangkan risiko bias yang tidak adil atau tidak etis dalam model.

Jalan Menuju Kecanggihan Bot


Mempertimbangkan semua tantangan ini, Anda mungkin bertanya-tanya harus mulai dari mana dan bagaimana menuju penerapan bot keadaan akhir yang canggih.


Carilah mitra teknologi yang menghadirkan model bahasa perbankan yang telah dilatih sebelumnya. Teknologi chatbot dari Solutif akan membantu Anda memecahkan masalah rutin dan berulang. Anda akan menghemat waktu dan sumber daya untuk pelatihan AI, membuat Anda memasarkan lebih cepat dan menurunkan risiko proyek secara keseluruhan. Anda perlu memastikan bot dapat menjawab pertanyaan pengguna dan menyelesaikan tugas mereka.

Untuk menggunakan layanan kami, Anda dapat mengisi formulir ini!