Relevansi Outsourcing Dalam Industri Pasca COVID-19

Tahun 2020 hingga 2021 menjadi salah satu tahun paling menantang dalam sejarah baru-baru ini, dengan seluruh dunia merespons dan berusaha pulih dari tantangan kesehatan dan ekonomi yang ditimbulkan oleh pandemi COVID-19. COVID-19 telah berdampak pada setiap industri, menyebabkan bisnis merevisi anggaran, di antara banyak hal operasional lainnya, untuk mengelola dampak pandemi. Perusahaan berusaha untuk menciptakan stabilitas keuangan dengan berfokus pada peningkatan pendapatan dan outsourcing fungsi non-inti.

Persaingan global untuk sebagian besar bisnis dimasa pandemi ini sangat ketat. Oleh karena itu, bisnis harus memanfaatkan area yang dapat mereka manfaatkan untuk meningkatkan efisiensi dan mengurangi biaya agar dapat memberikan lebih banyak waktu dan sumber daya manusia untuk fokus pada kegiatan menghasilkan pendapatan. Menghadirkan lebih banyak efisiensi pada alur kerja harian sekaligus meningkatkan produktivitas, akan menjadi fokus banyak bisnis di masa depan. Bekerja dengan penyedia outsourcing yang berpengalaman membantu perusahaan mengatasi tantangan produktivitas, merampingkan operasi dan menambahkan sumber daya tambahan yang mungkin kurang di rumah. Dari penjualan hingga rekrutmen hingga operasi, outsourcing memberikan peluang tak terbatas untuk membantu bisnis Anda bekerja lebih cerdas.

Kemajuan teknologi telah membantu perusahaan berwawasan ke depan untuk mendapatkan keuntungan yang signifikan dari layanan outsourcing untuk beberapa waktu sekarang. Ini sangat relevan untuk usaha kecil dan menengah, yang hanya kekurangan ruang atau dana tenaga kerja untuk departemen tambahan internal seperti keuangan dan penggajian.

Ada peluang satu kali yang muncul dari gangguan pandemi, oleh karena itu penting bagi bisnis untuk menilai kembali strategi dan cara mereka beroperasi. Melalui outsourcing, bisnis dapat menciptakan kumpulan dana tambahan, dari penghapusan biaya dari kegiatan non-inti, sehingga memungkinkan peluang untuk pertumbuhan dan inovasi. Model outsourcing mengurangi biaya dengan menghilangkan kebutuhan untuk merekrut atau melatih karyawan baru dan/atau staf pendukung (SDM, admin, dll.) dan meningkatkan biaya hunian dan investasi dalam ruang dan peralatan kantor tambahan.

Memiliki kumpulan besar talenta “sesuai permintaan” yang dialihdayakan berarti perusahaan dapat dengan cepat meningkatkan tenaga kerja mereka tanpa perlu mempekerjakan karyawan penuh waktu tambahan dan meningkatkan biaya overhead dan investasi mereka di ruang dan peralatan kantor. Menggunakan outsourcing menciptakan peluang baru dan memanfaatkan bakat yang ada dengan lebih baik yang membantu pemberi kerja mendapatkan hasil maksimal dari tenaga kerja mereka saat ini.

Salah satu daya tarik utama menggunakan layanan outsourcing adalah peluang baru yang diciptakan untuk karyawan yang ada. Tidak hanya untuk meningkatkan moral tetapi untuk mempromosikan kreativitas dan meningkatkan nilai mereka secara keseluruhan bagi organisasi. Tugas tambahan tertentu yang dialihdayakan, memungkinkan talenta internal untuk fokus pada kegiatan dan proyek yang lebih strategis yang meningkatkan keahlian, pengetahuan, dan kemampuan mereka dengan lebih baik dan benar-benar menghasilkan hasil. Demikian pula, untuk setiap karyawan yang tidak dipekerjakan untuk melakukan fungsi pendukung, lebih banyak anggaran tersedia untuk mempekerjakan karyawan yang menghasilkan pendapatan.

Selain menghemat waktu dan uang yang biasanya menarik semua perhatian, outsourcing fungsi operasional tertentu memungkinkan akses ke teknologi dan sistem terbaru serta praktik terbaik dalam kegiatan tertentu. Dengan teknologi yang diperkirakan akan tumbuh secara eksponensial dan mengganggu di tahun-tahun mendatang, berinvestasi dalam teknologi terbaru mungkin bukan pilihan bagi sebagian besar perusahaan, tetapi outsourcing akan memberi mereka akses ke teknologi terbaru yang tersedia dan oleh karena itu memungkinkan mereka untuk tetap kompetitif dan relevan.

Tidak hanya karena COVID-19, bisnis saat ini menghadapi lanskap yang berkembang pesat, termasuk perubahan peraturan, kemajuan teknologi yang berkelanjutan, dan penerapan pendekatan yang lebih canggih oleh pihak berwenang. Tantangan-tantangan ini menyebabkan bisnis memikirkan kembali perpaduan yang tepat antara sumber daya internal dan eksternal dalam mengelola proses operasional penting secara efisien dengan visibilitas, fleksibilitas, transparansi, dan kontrol. Maka, menggunakan layanan outsourcing setelah pandemi berakhir juga akan memberikan keuntungan dan meningkatkan efisiensi bagi bisnis Anda.

Outsourcing pada akhirnya menawarkan keuntungan besar bagi pemilik bisnis. Proses ini memungkinkan mereka untuk membangun tim profesional yang terampil tanpa menambahkan biaya karyawan penuh waktu serta ruang dan peralatan kantor tambahan. Dengan outsourcing, pemilik bisnis dan manajemen senior dapat memfokuskan waktu, perhatian, dan sumber daya mereka pada kompetensi inti perusahaan mereka dan menghabiskan waktu mereka untuk menetapkan tujuan baru dan menemukan cara untuk mencapainya.

Solutif sebagai perusahaan penyedia layanan dan solusi contact center memberikan Anda kemudahan proses bisnis dengan outsource talent, business process, dan teknologi. Solusi kami dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda sehingga kami menawarkan solusi yang fleksibel, lebih cepat, dan efisien. Serahkan persoalan rekrutmen kepada kami dan Anda bisa berfokus kepada pekerjaan lainnya yang lebih krusial. Staff profesional kami akan merekrut talent terbaik untuk perusahaan Anda. Untuk menggunaakan layanan kami, Anda dapat mengisi formulir ini.