Proses Bisnis Efisien Dengan Solutif BPO Services

Mengenal BPO Services

Business Process Outsourcing, yang dikenal sebagai BPO, adalah strategi bisnis di mana satu perusahaan mempekerjakan perusahaan lain untuk melakukan tugas tertentu untuk mereka, yaitu mereka melakukan outsourcing pekerjaan tertentu.

Katakanlah sebuah perusahaan manufaktur akan mengalihdayakan manajemen rantai pasokan mereka ke perusahaan lain yang berspesialisasi dalam manajemen rantai pasokan. Perusahaan tersebut akan memerlukan outsourcing satu atau lebih kegiatan atau proses bisnis non-inti ke penyedia layanan eksternal. Jadi ada dua pihak yang terlibat, perusahaan klien (outsource) dan penyedia layanan eksternal atau vendor (outsourcer)

Satu hal yang perlu diperhatikan bahwa hanya kegiatan non-inti yang biasanya di-outsource. Perusahaan tidak berpisah dengan kompetensi inti mereka, mereka mempertahankan semua fokus mereka pada ini seperti manufaktur, pemasaran, dll.

Namun layanan non-inti seperti layanan purna jual, hubungan pelanggan, manajemen rantai pasokan, akuntansi waktu nyata, dan lain sebagainya dapat dialihdayakan ke BPO.

Jenis BPO

Perusahaan BPO dapat dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan lokasinya:

  • Pengalihdayaan di darat: Ketika sebuah organisasi menyewa penyedia layanan yang berlokasi di negara yang sama. Ini juga disebut outsourcing domestik.

  • Pengalihdayaan dekat pantai: Ketika sebuah organisasi menyewa penyedia layanan di negara tetangga.

  • Offshore outsourcing: Ketika sebuah organisasi menyewa penyedia layanan di negara yang berbeda. Ini juga disebut offshoring.

Keuntungan Menggunakan BPO Services

Fleksibilitas

Mengalihdayakan aktivitas non-inti ke BPO memungkinkan perusahaan menjadi jauh lebih fleksibel. Pertama, perusahaan tidak perlu berinvestasi dalam aset tetap tambahan dan dapat mengubahnya menjadi biaya variabel. Ini juga meningkatkan fleksibilitas dalam manajemen sumber daya perusahaan klien dan membantu dalam beradaptasi dengan perubahan lingkungan lebih cepat.

Hemat Biaya

Mengalihdayakan beberapa proses dan aktivitas bisnis bisa sangat hemat biaya bagi perusahaan klien. Mereka menghemat investasi dalam aset tetap dan biaya tetap. Dan mereka dapat mengalihkan dana ini untuk kegiatan inti mereka.

Outsourcing ke negara-negara berkembang terbukti sangat menghemat biaya bagi perusahaan-perusahaan ini. Misalnya, jika ada MNC besar yang mengalihdayakan layanan TI mereka ke India, mereka akan menghemat rata-rata 30% dari pengeluaran perusahaan. Ini perbedaan yang cukup signifikan.

Kecepatan

Salah satu keuntungan terbesar BPO adalah mereka meningkatkan kecepatan proses bisnis yang dialihdayakan kepada mereka. Mereka memiliki waktu respons yang sangat baik dan klien dapat fokus pada kegiatan inti. Fragmentasi aktivitas ini mempercepat keseluruhan proses dan sangat penting dalam kasus seperti layanan pelanggan.

Tenaga Kerja Profesional

Ketika Anda mengalihdayakan salah satu aktivitas bisnis Anda ke BPO, Anda diasuransikan atas layanan teladan yang disediakan oleh tenaga terampil. Jadi jika Anda melakukan outsourcing manajemen rantai pasokan Anda, yakinlah bahwa rantai pasokan Anda akan ditangani oleh manajer rantai pasokan terampil yang ahli di bidangnya. Hal yang sama berlaku untuk layanan TI atau akuntansi, dll.

Solutif sebagai perusahaan penyedia solusi contact center omnichannel menyediakan solusi BPO untuk bidang contact center. BPO dari Solutif bersifat variatif dan lengkap, mulai dari training contact center agent secara online maupun offline, penyediaan contact center agent, operasi bisnis, serta fasilitas bagi contact center agent.

Solusi BPO dari Solutif dapat diaplikasikan pada bidang contact center di industri manapun. Sistem BPO Solutif fleksibel dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda, sehingga proses bisnis tetap berjalan sesuai ekspektasi Anda, serta menghasilkan pertumbuhan bisnis yang baik.

Untuk menggunaakan layanan BPO Services Solutif, Anda dapat mengisi formulir ini.