Manfaat RPA untuk CX

RPA (Robotic Process Automation)..

Merupakan praktik tren teknologi saat ini yang memberikan dampak positif karena mampu mempersingkat operasi perusahaan, menghemat biaya, dan memproses semua tugas atau aktivitas yang kompleks dan berulang dengan mudah, tentunya mendorong peningkatan terhadap pengalaman pelanggan (CX).


Untuk memahami RPA lebih lanjut, mari kita lihat penjelasan di bawah ini

RPA merupakan software yang memanfaatkan AI (Artificial Intelligence) berisikan kumpulan “Bot” untuk melakukan proses otomatisasi terhadap bisnis yang dapat memudahkan tugas manusia seperti menggantikan penyelesaian tugas secara manual dan pengambilan keputusan melalui Bot. Selain itu, RPA dapat diprogram untuk melacak adanya penipuan dan kebocoran data sehingga memiliki tingkat keamanan yang terjamin. Contohnya, RPA dapat membantu otomatisasi seperti pengembalian dana melalui aplikasi sehingga proses menjadi lebih cepat dan mengurangi pekerjaan secara manual.


Dalam An Evolving Digital Workforce to Assist HumansRPA State of the Market Report 2021, menuliskan bahwa RPA menjadi faktor utama untuk mendorong organisasi dalam meningkatkan efisiensi, produktivitas dan kualitas operasional, meningkatkan pengalaman karyawan dan pelanggan, dan penghematan biaya sehingga perusahaan dapat menunjukkan nilai lebih kepada pelanggan.

Menurut survei RPA Global Deloitte, 85% pelanggan mengatakan bahwa RPA memenuhi ekspektasi atau harapan pelanggan dalam menikmati manfaat non-finansial, seperti;

  • Ketepatan waktu

Durasi waktu menunggu bantuan atau mendapatkan informasi menjadi lebih cepat, pelanggan ingin mendapatkan bantuan yang diproses dengan cepat dan mudah untuk dilakukan.

  • Fleksibilitas, akurasi, dan reliabel consistency.

Meningkatkan efisiensi dan produktivitas agen Anda dalam menyelesaikan pekerjaan yang kompleks, mencegah melaksanakan pekerjaan yang berulang dan mengurangi pekerjaan manual sehingga meminimalisir risiko human error dimana memiliki tingkat akurasi yang baik.

Apakah Anda tahu bahwa nilai pasar RPA akan melonjak? Global RPA market value memperkirakan nilai pasar akan naik di tahun 2030 menjadi $45,982 juta dengan CAGR (Compound Annual Growth Rate) 36% antara tahun 2020 dan 2030.


Sudah saatnya bagi Anda untuk melihat peluang tren teknologi RPA di tahun 2022 dalam era digital dengan kemudahan otomatisasi yang dimiliki RPA. RPA memiliki banyak manfaat yang dapat menumbuhkan pergerakan bisnis dalam bidang teknologi dan menambah CX di seluruh saluran dengan memfokuskan pengelolaan sumber daya manusia pada permasalahan yang kompleks dan memiliki pergerakan inovatif.


Solutif sebagai solusi contact center all-in-one menyediakan layanan teknologi RPA for CX. Teknologi yang mempermudah perusahaan Anda untuk meningkatkan efisiensi, produktivitas dan pengalaman Agen serta pelanggan. Tunggu apa lagi? Berikan pelanggan Anda pengalaman yang tak terlupakan dengan menggunakan teknologi RPA for CX Solutif!


Untuk menggunakan layanan RPA for CX dari Contact Center Solutif, Anda dapat mengisi Formulir ini!