Ini Tiga Langkah Memberikan Pengalaman Luar Biasa untuk Nasabah Anda!

Pada masa globalisasi perdagangan saat ini, merek dan perusahaan berlomba-lomba untuk mencapai penjualan yang berfokus pada peningkatan produk/jasa yang ditawarkan. Lalu apa yang menjadi pembeda merek satu dengan merek lainnya?

Pengalaman yang dirasakan nasabah Anda akan membawa mereka untuk mengambil keputusan bertahan dengan merek Anda atau menggantinya dengan merek lain. Kunci untuk memberikan pengalaman pelanggan yang luar biasa adalah konsisten, tepat waktu, dan relevan dengan kebutuhan mereka. Tantangan berikutnya adalah melakukannya di berbagai saluran komunikasi. Solutif akan membantu Anda untuk membuat interaksi menjadi mudah, cepat, dan relevan sambil menjaga konsistensi, hubungan personal, dan memastikan seluruh saluran terasa seperti satu perjalanan.

Mari kita uraikan menjadi tiga langkah!

Petakan posisi anda

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memetakan dan menentukan posisi merek Anda pada setiap saluran yang Anda tawarkan (email, telepon, SMS, webchat, aplikasi seluler, dan lain-lain). Petakan juga sudut pandang, proses komunikasi, proses bisnis, teknologi, pemahaman tentang pengalaman dan perjalanan nasabah Anda saat ini, serta pengalaman seperti apa yang mereka inginkan.


Dalam tahap ini, catat semua celah dalam perjalanan, misalnya pernah menerima panggilan balik; dapat mengisi formulir, tetapi tidak mengirimkannya; agen tidak dapat melihat formulir ketika saya menelepon, dll. Kemudian tentukan apakah setiap kesenjangan disebabkan oleh orang, proses, atau teknologi.

Sesuaikan dengan kebutuhan

Bayangkan bagaimana saluran-saluran komunikasi dapat memperluas fungsionalitas proses bisnis Anda. Perjalanan nasabah pun menjadi lebih mudah, cepat, dan efektif secara keseluruhan. Anda juga dapat membandingkan saluran mana yang paling cocok dari sudut pandang tujuan merek Anda. Ketika Anda telah memahami data tentang saluran ideal bagi nasabah Anda, cocokkanlah dengan kasus yang paling sering ditemui pada nasabah.


Misalnya, nasabah ingin membuka akun baru, Anda dapat menggunakan teknologi webchat yang akan mempercepat proses tersebut sehingga akan ada banyak pelanggan yang dapat membuka akun pada waktu yang bersamaan.

Mantapkan perencanaan

Mulailah dari yang kasus penggunaan yang paling sering ditemui dan saluran yang cepat dan mudah dioperasikan nasabah dan perusahaan, tentukan waktu dan tingkatan pelatihan yang dibutuhkan oleh sumber daya, perhitungkan biaya, perhatikan manfaat bisnis lainnya, dan dampaknya terhadap perjalanan pelanggan.

Saat Anda melewati setiap langkah ini, Anda akan menemukan bahwa pelanggan selalu berada di saluran yang tepat dan Anda ada di sana untuk bergabung dalam percakapan. Solutif hadir sebagai solusi contact center all-in-one yang menyediakan layanan omnichannel yang dapat meningkatkan keuntungan perusahaan perbankan! Tingkatkan layanan, raih loyalitas pelanggan, dan dapatkan keuntungan besar dengan teknologi omnichannel dari Solutif.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat mengisi formulir ini!