Fast-Track To Future-Ready Banking Operations

Masyarakat sudah terbiasa menjadikan transaksi digital sebagai alat pembayaran karena dianggap lebih cepat, mudah, dan efisien. Tingginya penggunaan transaksi digital membuat sektor bank sadar terhadap perkembangan transformasi digital dengan mencari solusi berupa teknologi cloud yang mendukung otomatisasi, AI, dan penyimpanan data.

Menurut studi Juniper Research, menemukan bahwa pada tahun 2024 pengguna perbankkan digital akan melebihi 3,6 miliar. Berdasarkan data dari studi di atas, hal ini mendorong pertumbuhan perbankan untuk fokus meningkatkan efisiensi operasi mereka secara stabil dan bertahap.


Sudahkah bank siap menghadapi masa transformasi digital?

Bank sudah memiliki perkiraan yang akurat untuk menghadapi permintaan konsumen dan kebutuhan bisnis di masa mendatang. Pandemi covid-19 membuat bank mampu beradaptasi. Meskipun, terdapat berbagai tantangan dan bank dapat mencapai kolaborasi yang baik antara bisnis dan teknologi melalui otomatisasi, AI, dan cloud. Selain itu, produktivitas dan kinerja SDM (Sumber Daya Manusia) semakin meningkat dan berkualitas untuk terus berinovasi dan tetap kompetitif di tengah masa pandemi covid-19. Hal ini tentunya mendorong pergerakan perbankan secara cepat menuju digitalisasi dimana telah dibuktikan dengan meluncurkan aplikasi seperti digital banking.


Menurut laporan dari Accenture, menemukan tiga hal yang harus diketahui bisnis untuk siap menghadapi masa depan:

  1. Mengetahui sasaran utama

Untuk meningkatkan model operasi yang efisien dan stabil, bank perlu untuk mengintegrasikan antara bisnis dan teknologi agar memiliki operasi cerdas yang dapat meningkatkan keuntungan dan pengalaman pelanggan. Selain itu, membentuk peluang strategis selaras dengan tujuan dan strategi bisnis.


  1. Mengetahui langkah penting

Sekarang ini, sudah memasuki eranya perkembangan teknologi yang begitu pesat. Tuntutan konsumen yang menginginkan serba instan, mudah, dan aman membuat bisnis terus menemukan solusi yang mampu memuaskan tuntutan konsumen. Otomatisasi yang hadir dalam dunia teknologi dapat meningkatkan potensi tenaga kerja manusia. Kebanyakan sektor sudah membuat kemajuan dengan memakai otomatisasi, AI, dan cloud dalam proses operasionalnya.


  1. Mengetahui cara untuk melampaui tingkat maturity

41% bank telah meningkatkan hubungan ekosistem mereka. Dengan membangun hubungan ekosistem yang baru dapat menjadi sandaran untuk melampaui tingkat maturity. Pentingnya hubungan ekosistem berpengaruh terhadap model operasi bank dimana dapat membangun kemitraan ekosistem yang lebih stabil, layanan yang semakin terupgrade, cost savings, dan mempercepat pergerakan transformasi.


Sekarang waktunya untuk industri perbankan melangkah maju untuk memiliki operasi yang cerdas..


Mengedepankan operasi bank yang dapat melampaui perubahan akibat perkembangan teknologi dan digital. Pertumbuhan operasi menjadi faktor utama dalam mendorong keuntungan. Pentingnya menyelaraskan teknologi dan digital dengan Mengintegrasikan otomatisasi, AI, dan cloud demi kepentingan dan keamanan konsumen serta tenaga kerja pada bisnis sekarang ini. Semakin berkembangnya teknologi dan digital, semakin banyak masalah muncul seperti keamanan data konsumen. Untuk itu, perlu memastikan bahwa data konsumen terlindungi dan terjamin dari segala kebocoran data serta mampu memenuhi ekspektasi dan permintaan pelanggan sehingga mampu menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih baik.

Carilah mitra teknologi yang dapat membangun operasi bisnis Anda menjadi lebih baik dengan penyediaan teknologi otomatisasi, AI, cloud, dan mengelola tenaga kerja menjadi semakin optimal serta membawa Anda menuju perubahan digital secara prediktif, stabil, efektif, dan siap melangkah menuju masa depan.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat mengisi formulir ini!