Chatbot Meningkatkan Pelayanan Rumah Sakit dan Kepuasan Pelanggan

Tentunya kita bersyukur jika kita tidak tertular Covid-19, tetapi kita semua pasti melihat berita atau cerita kekacauan sistem rumah sakit dan layanan kesehatan di masa pandemi ini. Padahal, sistem rumah sakit yang baik dan cepat tanggap sangatlah penting di masa-masa genting seperti ini. Banyak sekali masyarakat yang membutuhkan informasi, baik terkait ketersediaan ruang, obat, paket isolasi mandiri, layanan home care, dan berbagai pertanyaan lainnya yang perlu dijawab dengan segera.

Dahulu ketika kita atau rekan kita terkena penyakit, biasanya kita menghubungi rumah sakit tersebut melalui telepon. Namun, coba bayangkan berapa banyak panggilan masuk yang diterima rumah sakit di masa pandemi ini. Tidak heran jika panggilan kita sering kali tidak diangkat ataupun sibuk. Kita bisa kaitkan masalah ini dengan perkembangan teknologi digital. Saat ini channel suatu perusahaan tidak hanya dengan telepon, melainkan muncul berbagai channel lainnya seperti website, email, Instagram, WhatsApp, LINE, Twitter, mobile application, dan lain sebagainya. Rumah sakit harus bisa beradaptasi dengan perkembangan dunia digital dan mengembangkan channel yang dimiliki. Sebab pelanggan menginginkan informasi yang cepat, akurat, memberikan solusi terbaik, dan tentunya dapat diakses dengan mudah.

Salah satu teknologi yang dapat memenuhi kebutuhan pelanggan rumah sakit di masa pandemi ini adalah teknologi chabot. Berikut penjelasan selengkapnya!

Chatbot di industri kesehatan

Chat bot adalah program komputer berbasis AI (Artificial Intelligence), alias robot virtual yang dapat mensimulasikan percakapan seperti manusia. Teknologi ini juga dikenal sebagai asisten digital yang dapat memahami dan memproses permintaan pengguna, serta memberikan jawaban yang relevan dengan cepat.

Bayangkan ketika pelanggan rumah sakit terkena virus Covid-19 dan perlu mencari rumah sakit yang masih menyediakan ruang isolasi untuk pasien Covid-19, juga obat-obatan. Biasanya pasien akan menelepon rumah sakit dan biasanya pula hasilnya kurang memuaskan, entah panggilan tidak dijawab atau pelanggan dipindahkan ke saluran lain, dan itu sangat melelahkan dan memakan waktu.

Sekarang, bayangkan jika rumah sakit memiliki layanan chatbot di website, WhatsApp, Instagram, Twitter, LINE, mobile application, dan channel lainnya. Rumah sakit tidak perlu membuang sebagian besar waktunya untuk menjawab pertanyaan yang itu-itu saja secara berulang-ulang. Bot siap menjawab semua pertanyaan pelanggan dengan cepat dan akurat. Model percakapan pada chatbot juga telah disusun dengan sempurna sehingga pelanggan Anda merasa seperti berbicara dengan manusia sungguhan! Bukankah itu luar biasa?

Keuntungan menggunakan chatbot pada industri kesehatan

Source: www.redcross.org

Bekerja lebih efisien

Ketika pelanggan rumah sakit ingin bertanya melalui telepon, biasanya pelanggan tersebut masih ditangani oleh manusia sebagai agen. Agen tersebut bertugas melakukan panggilan ke pelanggan, memberi atau menjawab pertanyaan, serta mengumpulkan data pelanggan. Tentu hal tersebut sangat memakan waktu, tenaga, dan biaya. Sesungguhnya agen Anda dapat diarahkan ke pekerjaan lain yang lebih krusial dan prioritas.

Bayangkan jika semua pekerjaan dilakukan oleh robot, tentu akan meningkatkan efisiensi agen contact center rumah sakit Anda! Chatbot akan mengurus pertanyaan pelanggan, sementara agen Anda dapat fokus pada pekerjaan lain yang lebih prioritas. Ini akan menghemat waktu agen dan mempercepat penyelesaian pekerjaan lain.

Source: www.sevenlakes.com

Mengurangi biaya

Berapa biaya yang Anda keluarkan untuk merekrut dan mempekerjakan agen manusia? Tentu akan memakan biaya yang cukup besar. Chatbot hadir sebagai solusi untuk memangkas pengeluaran perusahaan tanpa mengurangi kualitas kerja. Anda hanya perlu menggunakan software chatbot untuk mengurus banyak pelanggan dengan waktu yang cepat dan proses yang efisien. Ini akan sangat menguntungkan perusahaan Anda!

Source: www.coxblue.com

Tingkatkan kepuasan pelanggan

Pelanggan sering merasa tidak nyaman saat diminta menunggu atau menahan panggilan, apalagi di masa pandemi seperti ini mereka membutuhkan jawaban secepatnya. Dengan chatbot, waktu tunggu berkurang dan robot dapat memberikan jawaban yang akurat, cepat, dan efisien. Pelanggan Anda akan merasa sangat terbantu dan kepuasan pelanggan akan meningkat drastis!

Source: get.clt.re

Identifikasi peluang peningkatan bisnis

Tentu rumah sakit membutuhkan data pelanggan sebelum menelepon pelanggan untuk menginformasikan paket isoman, home care, obat, dan lain sebagainya. Chatbot dengan teknologi Artificial Intelligence dapat mengumpulkan data pelanggan, sehingga Anda memiliki pasar yang semakin besar untuk menjual produk atau layanan rumah sakit. Anda bisa mendapatkan banyak peluang dengan menggunakan chatbot. Bisnis Anda dapat berkembang dengan cepat dan efisien!

Solutif hadir sebagai solusi contact center all-in-one yang menyediakan layanan chatbot yang dapat meningkatkan keuntungan perusahaan perbankan dan semua industri lainnya!

Tingkatkan layanan, raih loyalitas pelanggan, dan dapatkan keuntungan besar dengan teknologi chat bot dari Solutif.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat mengisi formulir ini.