8 Manfaat Outsourcing Selama Pandemi COVID-19

Setiap bisnis di seluruh dunia telah terkena dampak buruk dari pandemi Covid-19. Sebagian besar perusahaan mengakui fakta bahwa rencana operasional dan kontinjensi mereka tidak dirumuskan dengan cara yang tepat untuk gangguan skala Covid-19. Berdasarkan data milik Deloitte, lebih dari 50% perusahaan mengalami masalah arus kas karena penjualan yang lambat, dan 22% di antaranya menghadapi masalah dalam layanan pelanggan.

Perusahaan di seluruh dunia telah menghadapi gangguan dalam penjualan yang lebih rendah yang mengarah ke tantangan keuangan dan management perusahaan. Mereka terus mencari solusi untuk memecahkan masalah ini sambil memenuhi tuntutan pasar, klien, staf, dan pelanggan. Dalam skenario ini, outsourcing proses bisnis dapat sangat membantu karena bisnis dapat fokus pada bisnis inti dengan mudah sementara agen outsourcing akan menangani fungsi lain dari klien mereka. Outsourcing memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi mereka sambil meningkatkan kapasitas sehingga memenuhi tuntutan langsung dari pelanggan.

Outsourcing sendiri dapat digunakan dalam berbagai industri, seperti contact center, IT services, accounting, dan masih banyak lagi. Solutif sebagai perusahaan penyeida solusi contact center menyediakan layanan outsourcing talent untuk contact center agent (klik disini untuk menggunakan layanan). Layanan outsourcing ini memberi efisiensi proses bisnis bagi perusahaan Anda, sehingga pertumbuhan bisnis meningkat signifikan.

Berikut ini adalah penjelasan lebih lanjut terkait keutungan menggunakan layanan outsourcing bagi perusahaan Anda!

Fokus pada Fungsi Inti

Dengan melakukan outsourcing fungsi bisnis non-inti, perusahaan dapat fokus pada fungsi inti sambil menawarkan kepuasan pelanggan dan fitur produk yang lebih baik. Saat bermitra dengan agen outsourcing, bisnis dapat mendorong profitabilitas mereka dan fokus pada fungsi yang membawa bisnis ke tingkat berikutnya.

Optimasi Biaya

Menjalankan perusahaan memerlukan investasi modal yang besar. Mulai dari biaya operasional hingga gaji karyawan, daftarnya tidak ada habisnya. Selain itu, ada biaya yang terkait dengan program pelatihan dan pengembangan bagi karyawan, tunjangan mereka, dan biaya lain-lain. Terbukti bahwa perusahaan yang melakukan outsourcing tugas bisnis mereka ke agen pihak ketiga, dapat secara efektif mengurangi biaya operasional mereka sebesar 20 hingga 30%. Oleh karena itu, ini mengarah pada alokasi sumber daya yang efektif yang membantu dalam mengembangkan bisnis.

Mengurangi Risiko

Dalam situasi pandemi ini, risiko bisnis tidak terbatas pada risiko finansial saja. Sementara menangani kelincahan bisnis, inovasi, dan mitigasi risiko, itu telah menjadi tugas multi-tantangan bagi perusahaan yang tidak siap menghadapi pandemi. Selain risiko finansial, kelincahan, dan ketahanan, kesehatan dan keselamatan karyawan, rantai pasokan, dan inovasi juga memiliki kepentingan yang sama. Outsourcing akan memberikan kelincahan untuk bisnis sambil mengatasi tantangan dengan menyediakan teknologi terbaru dan tenaga kerja yang terampil.

Meningkatkan pertumbuhan bisnis

Pandemi saat ini telah membawa banyak tantangan tak terduga di berbagai sektor bisnis. Riset McKinsey menyebutkan bahwa hampir 90% eksekutif menyebutkan bahwa Covid-19 secara fundamental akan mengubah cara berbisnis di tahun-tahun mendatang. Usaha kecil dan menengah bisa mendapatkan keuntungan dengan outsourcing fungsi kantor mereka yang akan membantu untuk mengangkat bisnis dari kondisi saat ini.

Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Pandemi ini telah mengubah cara pandang terhadap ekspektasi pelanggan dan cara mereka berbelanja. Lebih dari 60% konsumen telah beralih ke digital untuk berbelanja. Namun, mereka memiliki banyak pertanyaan, dan perusahaan harus menjawabnya melalui cara omnichannel. Dukungan pelanggan outsourcing adalah cara terbaik untuk meningkatkan penjualan dan kepuasan pelanggan yang lebih baik.

Keunggulan kompetitif

Cara paling relevan untuk bertahan dalam situasi pandemi adalah dengan mendapatkan keunggulan kompetitif di pasar. Sementara operasi bisnis yang terganggu harus terus meningkatkan permainan mereka dengan memberikan nilai lebih dan menawarkan produk yang lebih baik untuk hal yang sama. 96% perusahaan mengubah model go-to-market mereka sambil mempromosikan penjualan digital.

Mempercepat Transformasi Digital

Sesuai laporan penelitian McKinsey, "Interaksi digital dua kali lebih penting bagi pelanggan daripada sebelumnya sebelum pandemi COVID-19". Organisasi yang merangkul platform digital lebih dari batu bata dan mortir melihat pertumbuhan pendapatan drastis 40% hingga 50% yang telah menjadikannya jalan menuju rencana ketahanan dan kontinuitas. Outsourcing back-office dan dukungan pelanggan telah banyak membantu dalam menjaga transparansi dengan pelanggan sehingga loyalitas pelanggan telah meningkat.

Meningkatkan Efisiensi Bisnis

Outsourcing selama pandemi telah secara signifikan meningkatkan efisiensi bisnis, terutama untuk startup. Ini mengarah pada peningkatan fokus pada tugas-tugas bisnis inti yang mengarah pada peningkatan operasi bisnis. Sedangkan outsourcing fungsi administrasi dan tugas BPO lainnya membantu kelancaran operasional bisnis sehingga memiliki profitabilitas yang maksimal.

Solutif sebagai perusahaan penyedia layanan dan solusi contact center memberikan Anda kemudahan proses bisnis dengan outsource talent, business process, dan teknologi. Solusi kami dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda sehingga kami menawarkan solusi yang fleksibel, lebih cepat, dan efisien. Serahkan persoalan rekrutmen kepada kami dan Anda bisa berfokus kepada pekerjaan lainnya yang lebih krusial. Staff profesional kami akan merekrut talent terbaik untuk perusahaan Anda. Untuk menggunaakan layanan kami, Anda dapat mengisi formulir ini.