6 Tips Menentukan KPI Yang Sesuai Bagi Bisnis Anda!

Apa itu KPI ?

Bagi Anda yang telah memiliki pengalaman kerja, tentunya sudah tidak asing dengan istilah ini. Key Performance Indicator atau KPI adalah matrix atau nilai untuk mengukur seberapa efektif cara yang digunakan perusahaan untuk mencapai tujuan utama bisnisnya dan cara apa yang diperlukan untuk menyikapi kondisi tersebut. Selain itu, KPI juga dapat membantu Anda untuk melacak kemajuan perusahaan, meninjau kinerja karyawan, meningkatkan semangat kerja, mengasah kemampuan karyawan, mendorong akuntabilitas, dan masih banyak lagi.

Terdapat 90% nilai pengukur efektifitas bisnis yang telah dikumpulkan, jarang gunakan untuk mengambil keputusan. Fakta tersebut membuktikan bahwa, walaupun sebagian besar pelaku bisnis memahami nilai dari indikator KPI, mereka seringkali gagal dalam melaksanakannya. Berikut adalah 6 tips yang dapat Anda gunakan untuk memilih KPI yang tepat dan sesuai dengan bisnis Anda:

Identifikasi Hasil Yang Diharapkan


KPI bukanlah tujuan bisnis Anda, melainkan nilai yang dipakai untuk mencapai tujuan tersebut. Maka penting bagi Anda untuk menyelaraskan KPI dengan strategi dan tujuan bisnis. Ketika Anda dapat mengintegrasikan hasil dengan KPI, Anda akan mudah untuk menemukan langkah yang tepat-kurang tepat dan menyusun strategi di masa depan. Fokuskan usaha dan sumber daya Anda untuk mengumpulkan dan melaporkan data yang benar-benar menggerakkan bisnis pada tindakan dan hasil yang positif.

Pahami Perbedaan Pengukuran Lead dan Lag


Menurut buku “The 4 Disiplines of execution”, pengukuran lead digunakan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan perusahaan. Langkah awal, Anda harus membuat ukuran tindakan strategis yang memiliki dampak besar ketika direncanakan dan diambil. Sebaliknya, pengukuran lag menunjukkan hasil dari tindakan sebelumnya. Langkah-langkah pada lag merupakan nilai, sedangkan langkah-langkah lead merupakan tindakan.

Fokus Pada Pengukuran Kuantitatif, Bukan Kualitatif

Walupun indikator KPI membantu Anda memahami mengapa sesuatu terjadi, Anda tetap harus fokus pada pengukuran kuantitatif yang berusaha menjawab ‘berapa banyak’. Nilai-nilai tersebut seringkali sulit dilacak dan terlalu subjektif.

Jangan Mengukur Lebih Dari 10 KPI


KPI merupakan hal yang berpengaruh kuat dan membutuhkan banyak biaya. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk fokus menginvestasikan waktu dan sumber daya secara efisien pada daftar singkat KPI. Pastikan Anda mengukur target dan tingkat konversi leads, penjualan rata-rata, jumlah transaksi dan margin.

Ukur KPI secara berkala (tiap minggu/ tiap bulan)


Masing-masing KPI memiliki karakterisitik yang berbeda, frekuensi pengukurannya pun bervariasi. Anda dapat memperbaharui dan mengukur KPI perusahaan secara rutin, baik per minggu atau per bulan. Selain menentukan frekuensi yang sesuai dengan bisnis, Anda juga perlu memperhatikan proses pengumpulan data dan memulai untuk mengotomatisasi proses pengumpulan data tersebut.

Perbaharui Daftar Anda


Setelah tahapan bereksperimen, Anda akan dapat membedakan KPI yang membantu perkembangan bisnis Anda. Seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan bisnis Anda, demikian pula KPI bisnis Anda. Oleh karena itu, bersiaplah untuk selalu memperbaharui daftar pengukuran Anda.

“Tanpa KPI yang jelas, perusahaan Anda hanya akan terlihat seperti bisnis kecil yang berisikan orang-orang sedang mengerjakan rutinitas sehari-hari tanpa mengerti apa yang sebenarnya sedang mereka gapai.”

Memilih KPI yang tepat, tidak selalu menjadi proses yang mudah. Setiap bisnis memiliki keunikan dan caranya masing-masing. Luangkanlah waktu dan usaha untuk mencapai KPI yang paling tepat dengan tujuan bisnis Anda. Tawarkan wawasan berharga mengenai cara yang dapat mendorong pertumbuhan bisnis Anda di masa depan. Teknologi KPI dari Solutif dapat membantu anda untuk memantau dan menganaslisis kinerja KPI terhadap sasaran tingkat layanan dan menyediakan pemfilteran sederhana, penelusuran, dan pelaporan khusus untuk mengatasi masalah bisnis Anda. Tingkatkan pengalaman pelanggan dan karyawan bersama teknologi dari Solutif.

Untuk menggunakan layanan email blast dari Solutif, Anda dapat mengisi Formulir ini!