5 Cara Meningkatkan Strategi Email Marketing

Perkembangan teknologi mengarahkan tren pemasaran dari tradisional menjadi pemasaran digital. Pemasaran digital pun berkembang pesat karena masifnya literasi digital masyarakat sebagai konsumennya. Bagi pelaku usaha, pemasaran digital dapat menghantarkan produk mereka pada target pasar yang semakin luas dengan cara yang cepat, dan terukur. Pemasaran digital menawarkan efisiensi dan efektivitas yang tidak didapatkan pada cara pemasaran tradisional.

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Gratner’s Digital Marketing Spend Report, pemasaran digital dapat menghemat biaya anggaran hingga 40%.


Salah satu bentuk pemasaran digital yang dapat memberikan informasi produk/layanan sekaligus membangun interaksi dan meminta pendapat kepada konsumennya adalah Email marketing. Email marketing merupakan email yang berisikan promosi tentang produk/layanan dengan fitur-fitur yang dapat digunakan untuk menganalisis performa pesan dalam menjangkau target konsumen. Melalui email marketing, Anda dapat mengubah audiens menjadi konsumen anda. Email marketing dapat berupa; welcome email, thank you email, newsletter, email promosi, dan email survei.

Lalu, bagaimana cara meningkatkan keterbukaan email marketing?

MEMINTA KLIK


Ketika Anda menuliskan badan email, pasti Anda memiliki sebuah tujuan. Melalui link yang ada bubuhkan pada badan email, Anda akan mengarahkan pembaca kepada tujuan yang Anda harapkan, biasakan akan mengarah pada artikel, video, dan lain-lain. Untuk menarik minat target konsumen membuka link, anda dapat menjelaskan benefit dari link yang telah Anda rekomendasikan.

GUNAKAN PERTANYAAN


Sertakan sebuah pertanyaan yang akan mendorong pembaca untuk menanggapinya dengan menceritakan masalahnya pada Anda. Selain itu, pertanyaan ini ditujukan agar Anda memiliki hubungan yang lebih dekat dengan calon konsumen.

SERTAKAN CATATAN TAMBAHAN/P.S./NOTE


Setelah calon konsumen membaca keseluruhan isi email, Anda dapat menyertakan catatan kecil untuk memperjelas maksud dan tujuan Anda. Catatn kecil dapat diletakkan pada bagian bawah email, yang akan membuat penekanan yang akan diingat oleh pembaca.

CIPTAKAN CURIOSITY


Anda dapat memanfaatkan rasa penasaran target konsumen untuk menjadi senjata ampuh untuk meraih klik tinggi pada email Anda. Pada badan email, Anda dapat menyertakan sepenggal informasi yang ingin disampaikan, kemudian sertakan link CTA (Call To Action) yang tepat.

BERIKAN TINGKAT URGENSI


Ketika Anda menawarkan sebuah produk, maka sertakanlah sebuah deadline atau urgensi yang mendesak untuk calon konsumen. Hal ini bertujuan untuk membuat calon konsumen tidak memiliki waktu panjang untuk mengambil keputusan dan cepat bersedia mengambil penawaran anda.

Memanfaatkan email sebagai alat untuk meningkatkan penjualan merupakan startegi yang tepat untuk bisnis Anda. Oleh karena itu diperlukan pengetahuan yang mendalam tentang email marketing dan perkembangannya. Miliki pengalaman mengembangkan bisnis bersama teknologi dari solutif! Untuk menggunakan layanan email blast dari Solutif, Anda dapat mengisi Formulir ini!