5 Cara Efisiensikan Pengeluaran Pada Perbankan Dengan Chatbot dan Voicebot

Chat bot adalah program komputer berbasis AI (Artificial Intelligence), alias robot virtual yang dapat mensimulasikan percakapan seperti manusia. Teknologi ini juga dikenal sebagai asisten digital yang dapat memahami dan memproses permintaan pengguna, serta memberikan jawaban yang relevan dengan cepat.

Sementara itu, voice bot adalah perangkat lunak yang didukung oleh kecerdasan buatan (AI) yang memungkinkan penelepon untuk menavigasi sistem respons suara interaktif (IVR) dengan suara mereka, umumnya menggunakan bahasa alami. Penelepon tidak perlu mendengarkan menu dan menekan nomor yang sesuai pada keypad mereka. Mereka berbicara dengan IVR dalam simulasi panggilan yang disederhanakan dengan operator langsung.

Itulah sebabnya istilah chat bot dan voice bot dikenal dengan istilah “bots” yang merupakan singkatan dari internet robots. Bot itu sendiri dapat meniru percakapan manusia dalam bentuk teks atau suara yang diterapkan pada situs web dan aplikasi seperti Facebook, WhatsApp, Twitter, dan lainnya.

Chat bot dan Voice bot dalam industri perbankan

Saat ini, industri bank telah menanggapi penggunaan teknologi voice bot dan chat bot dengan serius. Bank telah mengadopsi teknologi paling modern, yang menunjang kesuksesan bisnis secara umum. Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) berkembang pesat. Sudah saatnya industri perbankan beralih ke teknologi AI untuk solusi yang lebih cerdas guna memenuhi harapan klien yang juga terus meningkat.

Teknologi chat bot dan voice bot telah merebut banyak perhatian dari industri lain selama bertahun-tahun. Chat bot dan voice bot terbukti dapat mempermudah berjalannya proses bisnis, perkembangan perusahaan, kinerja karyawan, dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Teknologi chat bot dan voice bot sudah digunakan oleh banyak perusahaan sejak lama. Contoh saja Bank of Amerika, American Express, HDFC, Commonwealth Bank Audtralia, dan banyak bank lainnya di seluruh dunia. Teknologi chat bot dan voice bot berjanji untuk meningkatkan pengalaman klien bank dan akhirnya dapat meningkatkan keuntungan perusahaan.

Berdasarkan artikel berjudul "Chatbot Report 2019: Global Trends and Analysis" yang dipublikasi oleh chatbotsmagazine.com tertulis bahwa pada tahun 2020 diprediksi sebanyak 80% dari perusahaan akan menggunakan chat bot dan voice bot. Sedangkan pada tahun 2022 industri bank dapat mengotomatisasikan interaksi nasabahnya hingga 90% dengan menggunakan chatbot dan voice bot.

Bagaimana chat bot dan voice bot bisa meningkatkan efisiensi pengeluaran?

Dalam bisnis perbankan, Anda perlu merekrut banyak tenaga kerja agar bisnis dapat berjalan. Proses perekrutan ini tidak hanya memakan waktu yang lama, melainkan juga menguras tenaga dan biaya yang tidak sedikit. Bayangkan, untuk melakukan penagihan kepada pelanggan saja, berapa karyawan yang Anda butuhkan? Belum termasuk karyawan yang bertugas menjawab pertanyaan, menjelaskan produk perbankan, dan tugas kerja lainnya. Tentu ini akan membutuhkan biaya yang besar.

Dengan teknologi chat bot dan voice bot, Anda dapat menghemat pengeluaran perusahaan karena pekerjaan karyawan dapat digantikan oleh bot. Perihal penagihan, menjawab pertanyaan pelanggan, menjual produk, dan kegiatan lainnya dapat ditangani oleh bot ini. Pelanggan Anda bisa mendapatkan solusi atau jawaban yang diinginkan dengan cepat dan mudah. Pelanggan yang lebih tertarik untuk berdiskusi melalui fitur chat dapat menggunakan chat bot. Sebaliknya, pelanggan yang tertarik untuk berdiskusi melalui fitur suara dapat mengguanakan voice bot. Ini akan meningkatkan kepuasan pelanggan dan pengalaman pelanggan pula.

Dengan begini, Anda tidak perlu merekrut terlalu banyak orang untuk posisi yang dapat digantikan oleh chat bot dan voice bot. Sehingga, biaya rekrutmen Anda akan berkurang drastis! Selanjutnya, Anda dapat mengalokasikan tenaga kerja untuk bekerja di bidang lainnya yang lebih krusial dan menjadi prioritas.

Keuntungan lainnya dari chat bot dan voice bot:

  • Mengumpulkan data untuk verifikasi

  • Ingat pembayaran penting.

  • Laporkan status anggaran Anda secara berkala.

  • Sarankan cara untuk menghemat uang.

  • Informasikan tentang produk keuangan yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

  • Berikan untuk portofolio investasi.

  • Memberikan pemberitahuan penting dan peka waktu.

Solutif hadir sebagai solusi contact center all-in-one yang menyediakan layanan chat bot dan voice bot yang dapat meningkatkan keuntungan perusahaan perbankan dan semua industri lainnya!

Tingkatkan layanan, raih loyalitas pelanggan, dan dapatkan keuntungan besar dengan teknologi chat bot dan voice bot dari Solutif.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat mengisi formulir ini.