Contact center memiliki peranan penting bagi sebuah perusahaan. Contact center memiliki fungsi memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan dalam bentuk interaksi yang konsisten. Tidak hanya itu, contact center juga berfungsi sebagai jembatan mengenalkan nilai-nilai yang dipegang sebuah perusahaan kepada pelanggan sekaligus juga memberi kepuasaan.
Melihat betapa pentingnya keberadaan contact center ini bagi hubungan perusahaan dan pelanggan, berikut tips untuk upgrade contact center yang ditawarkan oleh Solutif.
1. Mengimplementasikan Teknologi Omnichannel
Omnichannel merupakan sebuah strategi bisnis yang mengintegrasikan semua saluran komunikasi baik online atau offline untuk memberikan pengalaman pelanggan yang konsisten. Omnichannel digunakan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan, meningkatkan branding dan penjualan serta memahami selera dan keinginan pelanggan. Omnichannel biasa ditemui dalam dunia ritel atau e-commerce. Dengan Omnichannel yang dimiliki Solutif ini bisa memastikan semua saluran alur kerja saling terhubung. Dengan demikian data pelanggan tetap terjaga secara konsisten
2. Memanfaatkan Analitik untuk Wawasan Pelanggan
Analitik yang ditawarkan oleh Solutif memberi kemudahan pada Anda agar bisa memahami pola perilaku pelanggan, kebutuhan serta area yang memerlukan perbaikan atau peningkatan. Dengan menggunakan laporan analitik bertujuan untuk membuat strategi personalisasi yang meningkatkan kepuasan bagi pelanggan.
3. Meningkatkan Keamanan Data Pelanggan
Solutif memberi tawaran yang memprioritaskan keamanan data dengan protokol yang sesuai dengan standar industri seperti GDPR atau ISO 27001. GDPR atau ISO 27001 adalah dua standar berbeda yang dapat digunakan organisasi untuk memastikan privasi dan keamanan data. Hal ini sangat penting dalam industri khususnya fintech yang selalu berhubungan dengan data yang bersifat sangat pribadi atau sensitif. Hal yang bisa dilakukan tentu saja dengan melakukan audit rutin pada sistem keamanan dan memberikan pelatihan kepada tim tentang pentingnya menjaga privasi para pelanggan.
4. Mengoptimalkan Layanan dengan Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence atau AI)
Solutif menawarkan integrasi AI untuk otomatisasi seperti chatbot cerdas, sistem FAQ dan routing otomatis. Semua ini membantu mengurangi waktu tunggu pelanggan dan meningkatkan efesiensi operasional. Pemanfaatan AI ini untuk membantu menjawab pertanyaan dasar sehingga agen manusia/pegawai bisa fokus pada hal-hal yang lebih kompleks.
Baca Juga: Lampaui Ekspetasi Nasabah Bersama Omnichannel CX (Customer Experience)
5. Menyelenggarakan Pelatihan dan Pengembangan Agen Contact Center
Selain memberikan sarana terbaik untuk upgrade contact center perusahaan, Solutif juga menyediakan pelatihan dan pengembangan untuk tim contact center. Tujuan dari pelatihan dan pengembangan ini adalah agar tim contact center lebih terampil dalam melayani pelanggan, menggunakan teknologi baru serta mampu memberikan layanan berkualitas tinggi. Mengadakan pelatihan dan pengembangan secara berkala untuk membekali tim dengan kemampuan komunikasi yang lebih baik serta solusi teknis terkini.
6. Memanfaatkan Feedback Pelanggan
Menggunakan platform dari Solutif untuk mengumpulkan feedback pelanggan bermanfaat untuk proses analisis secara real-time. Hal ini memberi kesempatan bagi perusahaan dalam mengetahui apa saja yang harus ditingkatkan atau apa saja yang harus dipertahankan. Setelah proses analisis feedback ini selesai maka harus ada tindak lanjut dengan tindakan nyata untuk menunjukkan bahwa opini mereka dihargai.
7. Memberi Gambaran Skalabilitas Sesuai Kebutuhan Bisnis
Terakhir tapi juga tak kalah penting, Solutif menawarkan solusi yang dapat disesuaikan dengan skala dan kebutuhan bisnis perusahaan Anda. Hal ini akan memudahkan perusahaan Anda untuk meningkatkan atau mengurangi kapasitas layanan saat diperlukan atau dalam keadaan urgent. Melakukan evaluasi performa contact center setiap kuartal untuk menyesuaikan kapasitas layanan dengan pertumbuhan bisnis.
Dengan membangun kolaborasi bersama Solutif, proses upgrade contact center perusahaan Anda akan dapat menjadi efisien, responsif dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Apakah Anda tertarik untuk berdiskusi lebih lanjut untuk penerapan strategi ini bersama Solutif?
Hubungi (021) 5021 1001 atau marketing@Solutif.co.id untuk diskusi lebih lanjut.u
Cek artikel lainnya disini!